Referensi tanaman herbal, kandungan dan manfaat tanaman herbal

Friday 13 December 2013

On 22:29 by Kesehatan in    No comments

Daun beluntas menurut hasil penelitian mempunyai fungsi antibakteri dan antioksidan serta berpotensi untuk dikembangkan sebagai obat.

Beluntas termasuk kedalam famili Compositae. Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui diantaranya adalah, alkaloid dan minyak atsiri.

Tumbuhan ini bersifat getir rasanya dengan ciri khas yang bau sengur. Daun berfungsi menambah nafsu makan, dan membantu pencernaan.

Beluntas memiliki nama ilmiah Pluchea indica (L.) Less. atau Baccharis indica, Linn. Nama lokalnya adalah luntas (Jawa), ba luntas (Madura), baluntas, baruntas (Sunda), lamutasa (Makassar), beluntas (Sumatera), lenaboui (Timor). Di China tumbuhan ini disebut sebagai Luan Yi.


Beluntas lazim ditanam sebagai pagar hidup. Tanaman ini merimbun dengan memiliki banyak percabangan. Daunnya berbentuk bundar telur, ujung bundar melancip dan bergerigi. Daun beluntas berwarna hijau terang dan memiliki tangkai pendek dan letaknya berseling. Baunya khas "sengir" dan rasanya getir. Bunganya berwarna ungu keluar di ujung cabang dan di ketiak daun berbentuk
bunga bonggol bergagang atau duduk.

Daun beluntas memiliki beberapa manfaat kesehatan sebagai berikut:

1. Daun beluntas untuk mengatasi bau badan.
Ambil 10 sampai 15 helai daun beluntas. Cuci hingga bersih dan dimakan sebagai lalapan. Lakukan secara rutin tiga kali sehari. Bau badan Anda yang tidak sedap akan segera hilang.

2. Daun beluntas untuk mengatasi nyeri haid.
Siapkan 20 helai daun beluntas, sedikit asam, sedikit garam, dan air panas secukupnya. Ambil 20 helai daun beluntas. Cuci bersih lalu diremas-remas sampai hancur. Seduh dengan segelas air panas sambil diberi sedikit asam dan garam, kemudian disaring. Diminum selagi masih hangat dua kali sehari.

3. Daun beluntas untuk mengobati pegal linu.
Ambil 10 sampai 15 helas daun beluntas. Cuci bersih kemudian diseduh dengan segelas air panas. Setelah agak dingin disaring. Minum dua gelas sehari.

Demikianlah artikel tentang manfaat daun beluntas. semoga bermanfaat. Silahkan baca juga kandungan dan manfaat daun pepaya.


 


 

0 comments:

Post a Comment